MEGENGAN : Tradisi Leluhur Menyambut Bulan Penuh Berkah

Tim SID Desa Besuki 16 Mei 2018 17:28:41 WIB

Besuki-Mungkin bagi masyarakat Jawa khususnya Jawa Timur tidak asing lagikan dengan Megengan? Yaps anda betul… Megengan adalah tradisi masyarakat Jawa dalam menyambut bulan Ramadhan, megengan diambil dari bahasa Jawa yang artinya menahan. Ini merupakan suatu peringatan bahwa sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadhan, bulan dimana umat Islam diwajibkan berpuasa, tak terkecuali masyarakat Desa Besuki Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Dalam tradisi ini masyarakat Desa Besuki biasanya berbondong-bondong untuk berziarah kubur, membersihkannya serta menaburi bunga diatasnya dan tidak lupa mendoa'akannya serta ada juga yang membacakan yasin dan tahlil, kemudian Masak besar untuk dibagikan kepada sanak famili dan pada malam harinya mengadakan selamatan atau kenduri dengan mengundang para tetangga untuk mendoakan keluarga yang sudah meninggal.

Bagi masyarakat Desa Besuki sendiri tradisi ini masih sangat kental, melekat dan masih dianggap sakral, karena bukan hanya sebagai tradisi, megengan menurut masyarakat Desa Besuki juga sebagai budaya yang harus dilestarikan.  

Terlepas dari semua itu yang harus difahami terlebih dahulu, megengan berada dalam ranah sosial-kultural (kemasyarakatan dan ke budayaan) yang mengacu pada aspek kemaslahatan dan tidak bisa dilabeli dengan istilah Bid'ah. Orang sedekah dengan membawa ambeng (beragam jenis makanan) itu jelas baik dan bermanfaat bagi yang masih hidup, dan do'a-do'a sangat bermanfaat bagi yang sudah meninggal dunia, jadi megengan tidak hanya bermanfaat bagi yang masih hidup tapi juga bermanfaat bagi yang sudah meninggal dunia.

Tradisi ini adalah warisan leluhur yang sudah sepatutnya dijaga dan dilestarikan. didalamnya mengandung nilai-nilai yang sungguh sangat luar biasa seperti cara berhubungan baik antara manusia dengan manusia, manusia dangan alam ghaib serta manusia dangan Tuhannya.

Nah sahabat Besuki, mari kita bersama menjaga tradisi dan budaya sebagai peninggalan leluhur agar tetap hidup, agar dimasa yang akan datang anak cucu kita dapat merasakan keindahan dari tradisi dan kebudayaan yang selama ini kita jalankan.

Dan kami segenap Pemerintah Desa Besuki mengucapkan SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA!!! Mari kita sambut bulan penuh Berkah ini dengan suka cita.

Komentar atas MEGENGAN : Tradisi Leluhur Menyambut Bulan Penuh Berkah

Dian 17 Juni 2018 18:03:11 WIB
Ini dia nguri uri kabudayan. Agar orang jawa tidak meninggalkan jawanya. Hidup desaku Besuki Tercinta

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Besuki

tampilkan dalam peta lebih besar