Seminar Pengembangan Produk Desa dengan Pemanfaatan Digital Marketing

Tim SID Desa Besuki 27 Agustus 2019 17:56:36 WIB

Besuki—Jumat, 9 Agustus 2019 Mahasiswa IAIN Tulungagung KKN Besuki posko 2 telah melaksanakan kegiatan seminar bertema “Indonesia Mandiri” dengan mengambil judul “Seminar Pengembangan Produk Desa dengan Pemanfaatan Digital Marketing”. Kegiatan seminar dilaksanakan di balai desa. KKN IAIN Tulungagung Desa Besuki posko 2 menghadirkan Bapak Deni Yudiantoro sebagai narasumber, yang pernah menjabat sebagai  Direct  Selling Manager di Federal International Finance, dan saat ini menjabat sebagai dosen IAIN Tulungagung. Namun, beliau berhalangan hadir karena sakit yang mendadak, sehingga diwakili oleh asistennya yakni saudari Fifi Febrilia. Kegiatan seminar ini merupakan bentuk kerjasama mahasiswa KKN IAIN Tulungagung dengan pihak Desa Besuki, khususnya anggota PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) dan PIK-R (Pusat Informasi Konseling Remaja).  Kegiatan seminar berjalan dengan baik dan lancar.

Kegiatan dimulai pada pukul 13.00 WIB, dengan dihadiri lebih dari 30 peserta remaja PIK-R dan ibu-ibu PKK serta tamu undangan, baik dari Ibu Kepala Desa, ketua Tim Penggerak PKK dan ketua PIK-R, serta koordinator desa Besuki., yakni bisa dilihat dari antusias peserta yang dengan hikmat mendengarkan materi dari narasumber. Tidak hanya mendengar, peserta juga tidak lupa mencatat poin-poin penting dari materi yang disampaikan narasumber. Sebelum kegiatan dimulai, sekitar pukul 13.00—14.00 WIB peserta dipersilakan untuk check in terlebih dahulu. Kegiatan dimulai pada pukul 14.00 WIB dengan pembukaan dari mahasiswa KKN Besuki 2. Acara dipandu oleh pembawa acara yakni saudari Intan Tri R.N, salah satu mahasiswa KKN posko Besuki 2. Acara dibuka dengan membaca surah alFatihah kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” yang dipandu oleh saudari Vivi Setyo Rini. Acara kedua yaitu pembacaan ayat suci al-Qur’an yang dibacakan oleh saudara Muhamad Hafal Baheng. Acara ketiga yaitu sambutan dari saudara Muhammad Choirul Roziqin selaku Ketua Posko KKN Besuki 2 dan Ibu Kepala Desa Besuki. Acara selanjutnya yaitu do’a yang dipimpin oleh saudara Helmi Adam Kholid.

Setelah acara pembukaan selesai, acara selanjutnya adalah acara inti yang dipandu oleh saudari Nirmala Sari salah satu mahasiswa KKN IAIN Tulungagung selaku moderator. Moderator membacakan biografi singkat dari narasumber selanjutnya mengajak peserta untuk fokus pada layar monitor. Panitia menayangkan cuplikan video. Kegiatan seminar kali ini mengajak peserta untuk merasakan pembelajaran dengan video, dimana pembelajaran tidak dilaksanakan dengan kontak mata secara langsung tetapi dalam bentuk video. Dalam video tersebut narasumber utama menyampaikan permintaan maaf karena tidak dapat hadir secara langsung dikarenakan sakit. Selanjutnya narasumber memberikan materi singkat mengenai pemanfaatan digital marketing dalam dunia perdagangan dan bisnis di era generasi 4.0. Beliau juga memberikan motivasi dan kunci sukses pengusaha yakni kepuasan pelanggan dan keunikan produk serta cara penjualan. Setelah narasumber utama menyampaikan materi secara singkat melalui cuplikan video, kemudian moderator mempersilakan saudari Fifi sebagai narasumber kedua mewakili bapak Deni, untuk menjelaskan lebih rinci materi-materi dari kegiatan seminar secara langsung. Penyampaian materi dilakukan dengan bantuan power point.

Narasumber kedua menjelaskan tata cara membuat produk laku dan menyajikan beberapa contoh produk-produk unik yang banyak diminati konsumen. Narasumber juga menjelaskan tata cara pemasaran di era digital serta trik anti gagal berbisnis. Tidak hanya itu, asisten narasumber juga menjelaskan tata cara berbisnis dengan memanfaatkan digital marketing serta tata cara berjuaalan dengan media aplikasi jual beli seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan lain-lain. Tidak lupa, asisten narasumber juga memberikan motivasi- motivasi agar peserta seminar terdorong untuk mengembangkan bisnis mereka.

Komentar atas Seminar Pengembangan Produk Desa dengan Pemanfaatan Digital Marketing

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Besuki

tampilkan dalam peta lebih besar